Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Slideshow
  • Slideshow
  • Slideshow
  • Slideshow
  • Slideshow
  • Slideshow
  • Slideshow
  • Slideshow
Yudisium FKIP ULM Periode Oktober 2017

Mahasiswa FKIP ULM yang akan mendaftar yudisium agar mengisi formulir di laman http://apps.fkipunlam.ac.id  user dan password sama dengan http://portal.unlam.ac.id/mahasiswa

Dan berkas yudisium dapat diunduh di sini dan konsep transkrip


Yudisium dilaksanakan tanggal 27 Oktober 2017. 

Berkas dimasukkan ke dalam map, dikumpul sejak tanggal 16 Oktober 2017 paling lambat tanggal 20 Oktober 2017 Pukul 12.00 Wita. Berkas Transkrip Akademik harus sesuai dengan SIA ULM, hal belum jelas dapat ditanyakan ke Subag-Akademik FKIP ULM pada jam kerja.

Sumber: sub bagian Akademik FKIP ULM

 
SEMINAR NASIONAL LINGKUNGAN LAHAN BASAH TAHUN 2017


 
SEMINAR NASIONAL LINGKUNGAN LAHAN BASAH TAHUN 2017

SEMINAR NASIONAL LINGKUNGAN LAHAN BASAH TAHUN 2017 

LATAR BELAKANG

Pembangunan di Indonesia mengarah pada pengalih fungsian lahan, bukan hanya lahan kering (lahan mineral), melainkan juga lahan basah. Seringkali pengalih fungsian dilakukan dengan cara atau teknik yang dampaknya dapat dikategorikan membahayakan, baik bagi lahan basah itu sendiri maupun bagi lingkungan. Cara yang berdampak signifikan adalah pengurugan dan pembakaran. Cara ini bermula dari ketidak mampuan dan ketidakmauan masyarakat untuk memahami karakter lahan basah secara menyeluruh, sehingga pada akhirnya lahan basah rusak sebelum masyarakat memahami karakter tersebut lebih mendalam.

Dampak tidak selalu terjadi sekaligus dan dirasakan segera. Dampak terjadi melalui proses panjang yang pada akhirnya kerugian berlipat ganda pun diperoleh. Biodiversitas pada level spesies menurun. Beberapa tumbuhan dan hewan berangsur-angsur punah, walaupun untuk sementara berlangsung secara lokal. Bersamaan dengan kepunahan spesies tumbuhan dan hewan, biodiversitas gen dipastikan berubah, istilah sederhana tetapi bermakna luas untuk tidak mengatakannya menurun atau berkurang. Ringkas kata, lahan basah tidak dapat dimanfaatkan secara lestari.

Analisis mengenai dampak lingkungan lahan basah adalah kegiatan awal yang dipandang dapat mengurangi dampak negatif pengalih fungsian atau kerusakan lahan basah. Dalam analisis ini, prakiraan-prakiraan terhadap lahan basah itu sendiri (fisik, kimia, biologi) dan kehidupan umat manusia (sosial, ekonomi, budaya) disusun. Selain itu, teknologi pencegahan dan penanggulangan dampak (negatif) pun dibuat. Oleh sebab itulah, kegiatan ini sangat membutuhkan sumberdaya manusia cekatan dan mumpuni. Sumberdaya manusia tersebut tidak sekedar terlatih dan atau bersertifikat, tetapi juga memiliki visi tajam, ide berani, dan gagasan cerdas dalam kelestarian lingkungan.

Lingkungan lahan-basah merupakan unggulan Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Sebagai lembaga pendidikan tinggi, ULM tidak hanya harus mengenal secara mendalam karakteristik lahan basah, tetapi juga harus memberi pahaman kepada masyarakat bahwa lahan basah harus dimanfaatkan secara bijak. Penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis lingkungan lahan basah menjadi bentuk tanggung jawab civitas akademika. Penyelenggaraannya harus berkesinambungan, karena ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya masyarakat berkembang secara personal maupun generasi. Hasil penelitian yang dilakukan masyarakat akademis harus didesiminasikan secara luas, sehingga hasil informasi dapat disebarluaskan.

Seminar nasional dengan tema “potensi, peluang, dan tantangan pengelolaan lingkungan lahan basah secara berkelanjutan” yang dilaksanakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ULM merupakan kegiatan tahunan yang menghimpun makalah hasil penelitian dari dosen, guru, peneliti, praktisi, pemerhati, mahasiswa, dan masyarakat, kemudian dipresentasikan di forum peserta seminar. Kegiatan seminar melibatkan pemakalah utama, pemakalah pendamping, dan peserta terkait dari seluruh Indonesia.

Selengkapnya...
 
«MulaiSebelumnya12345678910BerikutnyaAkhir»

Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda tentang Sarana, Prasarana dan Layanan Kampus FKIP Unlam
 

Statistik

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini141
mod_vvisit_counterKemarin505
mod_vvisit_counterMinggu Ini1931
mod_vvisit_counterBulan Ini8848
mod_vvisit_counterSemua Pengunjung995494